SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: TEMPAT UMUM
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
· Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
· Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa,
dan Satu Bahasa
· Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda
dalam kehidupan sehari-hari
|
· Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu
bahasa
|
· menyebutkan waktu dan tempat pertama kali
Sumpah Pemuda dibacakan
· Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan
untuk kegiatan kepemudaan
|
· Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali
Sumpah Pemuda dibacakan
· Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan
untuk kegiatan kepemudaan
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
|
2 minggu
|
· Gambar
· Buku yang relevan
|
2. IPS :
· Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
· Menceritakan lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah dan sekolah
· Melakukan kerja sama di lingkungan rumah,
sekolah, dan kelurahan/ desa
|
· Kerja sama di lingkungan rumah
|
· Menyebutkan tempat kenampakan alam
· Siswa dapt Menyebutkan tempat kenampakan
buatan
· Mendata jumlah penduduk, kematian dan
kelahiran di kelurahan Balonggede
|
· Menyebutkan tempat kenampakan alam
· Menyebutkan tempat kenampakan buatan
· Mendata jumlah penduduk, kematian dan
kelahiran di kelurahan Balonggede
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran
|
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
· -
Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
· kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
· Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
· Menjelaskan isi teks
|
· menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
· menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
· menjelaskan makna simbol
· menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui
gambar
|
· Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
· Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
· Menjelaskan makna simbol
· Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui
gambar
|
|
|
|
4. Matematika
· Menggunakan pengukuran waktu, panjang
dan berat dalam memecahkan masalah
|
· Melakukan penjumlahan
dan pengurangan tiga angka
· Melakukan operasi hitungan campuran
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
· mencatat jumlah
siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6
pada lembar tugas secara berkelompok
· Siswa dapar menggunakan sifat operasi
hitung pertukaran dan sifat
pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
· memecahkan masalah yang melibatkan
perkalian dan pembagian
|
· Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar
tugas secara berkelompok
· Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat
pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
· Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian
|
|
|
|
5. IPA :
· Memahami kondisi lingkungan yang
berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
· Memahami sifat-sifat, perubahan sifat
benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menjelaskan cara
menjaga kesehatan lingkungan sekitar
· Mengidentifikasi sifat-sifat benda
berdasarkan pengamatan meliputi
benda padat, cair, dan gas
· Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu,
dan kertas
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada
makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· memberi contoh benda padat
· menuliskan contoh benda cair
· menyebutkan contoh
benda gas
· mengidentifikasi
benda-benda di lingkungan sekolah
· menyebutkan benda-benda
yang terbuat dari plastik dan
kegunaannya
· menyebutkan benda-benda
yang terbuat dari kayu
dan kegunaannya
· menyebutkan benda-benda
yang terbuat dari kertas dan
kegunaannya
|
· Melakukan kegiatan untuk memelihara
kesehatan lingkungan sekolah
· Mengklasifikasi benda-benda di lingkungan
sekolah
· Memberi contoh benda padat
· Menuliskan contoh benda cair
· Menyebutkan contoh benda gas
· Mengidentifikasi benda-benda di
lingkungan sekolah
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat
dari plastik dan kegunaannya
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat
dari kayu dan kegunaannya
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat
dari kertas dan kegunaannya
|
|
|
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI
…….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar