Jumat, 22 Juni 2012

SILABUS SD KELAS III SEMESTER 2

  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: LINGKUNGAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

·     Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- sehari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat      mempersatukan bangsa
·     menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
·     menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
·     mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di           lingkungan rumah
·     Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
·     Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
·     Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
·     Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
3 minggu
Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan  sekolah
·     Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
·      
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan                      buatan di lingkungan sekitar
·     menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
·     menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
·     membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata                                     anginnya
·     Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan   sekitar
·     Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
·     Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
·     Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran

·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
·     membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
·     menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
·     memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
·     menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
·     Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
·     Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
·     Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
·     Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
·     Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,                                           satuan)
·     menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
·     melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
·     melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
·     melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
·     melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
·     Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
·     Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
·     Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
·     Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
·     Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
·     Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam



5. IPA :
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
·     Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak   (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
·     mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
·     menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
·     menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
·     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
·     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
·     Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
·     Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan



v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )





Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………


Tidak ada komentar:

Posting Komentar