SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: LINGKUNGAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
· Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
· Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa
dan satu bahasa
· Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda
dalam kehidupan sehari- sehari
|
· Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu
bahasa
|
· mengklasifikasi dan membuat daftar
tindakan yang dapat mempersatukan
bangsa
· menyebutkan nama organisasi pemuda di
nusantara
· menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
· mengidentifikasikan pengamalan
nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
|
· Mengklasifikasi dan membuat daftar
tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
· Menyebutkan nama organisasi pemuda di
nusantara
· Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
· Mengidentifikasikan pengamalan
nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
|
3 minggu
|
Gambar
Buku
yang relevan
|
2. IPS :
· Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
· Menceritakan lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah dan sekolah
· Membuat denah dan peta lingkungan rumah
dan sekolah
·
|
· Kerja sama di lingkungan rumah
|
· mengidentifikasikan kenampakan alam dan
kenampakan buatan di lingkungan sekitar
· menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi
kehidupan
· menjelaskan manfaat kenampakan buatan
bagi kehidupan
· membuat denah rumah siswa dengan menentukan
arah mata anginnya
|
· Mengidentifikasikan kenampakan alam dan
kenampakan buatan di lingkungan
sekitar
· Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi
kehidupan
· Menjelaskan manfaat kenampakan buatan
bagi kehidupan
· Membuat denah rumah siswa dengan menentukan
arah mata anginnya
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan
yang disampaikan secara lisan
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan
mudah dipahami
|
· Melakukan sesuatu
berdasarkan penjelasan.
· Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
· Menceritakan pengalaman
yang mengesankan.
· Memberikan tanggapan
dan saran sederhana.
· Menjelaskan isi teks
|
· menjelaskan petunjuk membuat alat
pengukur debu
· membuat pertanyaan tentang cara
menggunakan
· menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam
cerita binatang
· memberikan tanggapan dan alasan tentang
tokoh cerita binatang
· menceritakan peristiwa alam melalui
pengamatan gambar
|
· Menjelaskan petunjuk membuat alat
pengukur debu
· Membuat pertanyaan tentang cara
menggunakan
· Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam
cerita binatang
· Memberikan tanggapan dan alasan tentang
tokoh cerita binatang
· Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
|
|
|
|
4. Matematika
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
|
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
· menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan,
puluhan, satuan)
· menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
· melakukan operasi penjumlahan tanpa
menyimpan
· melakukan operasi
penjumlahan dengan menyimpan
· melakukan operasi pengurangan tanpa
meminjam
· melakukan operasi pengurangan dengan
meminjam
|
· Menulis bilangan secara panjang (ribuan,
ratusan, puluhan, satuan)
· Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
· Melakukan operasi penjumlahan tanpa
menyimpan
· Melakukan operasi penjumlahan dengan
menyimpan
· Melakukan operasi pengurangan tanpa
meminjam
· Melakukan operasi pengurangan dengan
meminjam
|
|
|
|
5. IPA :
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta
hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup
· Mendeskripsikan perubahan yang terjadi
pada makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada
makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
· mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk tak hidup
· menggolongkan
tumbuhan berdasarkan bijinya
· menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
· menggolongkan tumbuhan berdasarkan
batangnya
· menggolongkan tumbuhan berdasarkan
daunnya
· menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
· menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan
tumbuhan
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak
hidup
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan
bijinya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan
akarnya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan
batangnya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan
daunnya
· Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
· Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan
tumbuhan
|
|
|
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI
…….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar